Monday, April 8, 2019

# microcell # Planning

Small Cell - Microcell


Untuk daerah urban atau perkotaan dengan gedung-gedung yang tinggi, BS terkadang tidak dapat menerima sinyal MS walaupun letak MS tersebut dekat terhadap BS. Ini disebabkan oleh letak MS terhalang oleh rintangan yang berupa gedung atau pepohonan. Untuk mengatasi kendala ini, maka digunakan microcell atau picocell sebagai pengganti dari macrocell.

Microcell digunakan untuk ketinggian antena yang tidak lebih dari 30 meter, yang merupakan sel dengan wilayah coverage lebih kecil dibandingkan macrocell. Microcell merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan apabila macrocell sudah tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan pelanggan yang padat. Jumlah sel yang semakin banyak membuat kapasitas sistem juga semakin bertambah. Selain itu daya yang digunakan pada microcell juga jauh lebih rendah dibandingkan dengan macrocell, karena radius jangkauan microcell lebih kecil dibanding macrocell.

Tetapi pemakain microcell menjadikan sistem menjadi kompleks, terutama masalah handover. Oleh karena itu, pemakaian microcell hanya diterapkan pada daerah yang sangat padat bangunannya dengan intensitas trafik yang tinggi.


Sumber:

I Putu Dedy Krisna Pramulia. 2015. Analisis Pengaruh Jarak Antara User Equipment dengan eNodeB Terhadap Nilai RSRP (Reference Signal Received Power) pada Teknologi LTE 900MHz. Bachelor thesis, Universitas Udayana
 

No comments:

Post a Comment